Jawaban Perbedaan Antara Kebudayaan dan Peradaban Begini Contoh Konkretnya Agar Paham

Hanalfa Lampung - Info dalam tulisan ini kami sajikan jawaban perbedaan antara kebudayaan dan peradaban begini contoh konkretnya agar paham.

Sebagian dari kita tentunya tidak asing ketika mendengar istilah kebudayaan dan peradaban.
Bagimana tidak, kedua istilah ini cukup sering dijumpai dalam sejumlah pokok bahasan, salah satunya saat masih di bangku sekolah.

Lalu kata kebudayaan dan peradaban juga cukup sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari.

Bila dipahami secara sekilas tantunya akan ada anggapan bahwa kebudayaan dan peradaban adalah dua istilah yang memiliki arti yang sama.

Namun bila ditelaah atau dikaji lebih dalam bahwa kebudayaan dan peradaban tergolong dua kata yang memiliki arti masing-masing atau disebut berbeda.

Meskipun berbeda kebudayaan dan peradaban sama-sama ciptaan manusia, baik secara ungkapan atau melalui cara kita menjalani hidup.

Kebudayaan dan peradaban membuka gambaran pada pikiran kita tentang ide, cita-cita, serta nilai-nilai dalam menjalai hidup yang layak.

Mari kita kaji lebih dalam lagi, pertama kebudayaan dalam Bahasa Inggris adalah konsep yang berasal dari Jerman dan bersifat tertutup.

Sementara peradaban dalam Bahasa Inggris yaitu Civilization merupakan konsep Prancis yang bersifat terbuka.

Lalu ada penjelasan lain bahwa kebudayaan yakni seperangkat nilai yang membentuk perilaku manusia pada tingkat yang berbeda.

Kemudian Peradaban terlihat jelas dalam perkembangan fisik berupa bentuk lingkungan buatan manusia.

1. Pengertian antara Kebudayaan dan Peradaban

Kebudayaan adalah bagaimana cara orang dalam hidupnya, mulai dari bahasa yang dipakai untuk komunikasi, apa-apa yang dimakan, hingga peralatan maupun pakaian yang mereka pakai dan gunakan. Para budayawan mengatakan bahwa kebudayaan diperoleh melalui pembelajaran.

Sementara itu, peradaban merupakan pengembangan keadaan kehidupan masyarakat, baik dari segi budaya, ekonomi, teknologi, dan tata kelola wilayah. Peradaban bisa diartikan juga sebagai proses menuju keadaan masyarakat yang lebih baik.

2. Perbedaan Kebudayaan dan Peradaban
  • Budaya menggambarkan tentang siapa diri kita, sementara peradaban menjelaskan apa yang kita miliki atau gunakan.
  • Bila budaya adalah tujuan, tidak ada pengukuran, maka peradaban memiliki standar pengukuran sebab mencakup sarana.
  • Budaya dapat tercermin melalui agama, seni, tarian, sikap, moral. Tetapi peradaban ditampilkan dalam hukum, administrasi, infrastuktur, arsitektur, dan lainnya.
  • Budaya menunjukkan penyempurnaan batin terbesar dan internal, maka berbeda dengan peradaban yang bersifat eksternal yakni perwujudan teknologi, produk, perangkat, infrastruktur.
  • Perubahan budaya dapat diamati oleh waktu, sementara peradaban akan terus maju atau berkembang.
3. Contoh Kebudayaan dan Peradaban:

a. Kebudayaan dan peradaban Barat

Budaya barat tergolong tidak asing di telinga kita, sebab sebagian besar gaya hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ala kebarat-baratan. Hal ini terjadi dikarenakan bangsa Eropa sebelumnya sempat melakukan imigrasi ke luar benua Eropa. Budaya Barat mencakup sejumlah himpunan yakni sastra, sains, politik, serta prinsip yang filosofis.

b. Kebudayaan dan peradabaan Amerika Latin

Budaya Amerika Latin merupakan ekspresi formal dan informal dari kehidupan masyarakat setempat yang menjunjung tinggi nilai budaya. Baik itu tentang kesenian, musik, seni tari, kebiasaan, serta praktik agama.

Cukup sekian bahasan soal jawaban perbedaan antara kebudayaan dan peradaban begini contoh konkretnya agar paham.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel